Sabtu, 29 April 2017

Tentang Jurusan Kuliah Sastra Inggris

Sejak buat blogpost tentang pengalaman aku ikut SNMPTN, SBMPTN, dan ujian-ujian masuk PTN lainnya dua tahun lalu, beragam pertanyaan pun membanjiri akun social media punyaku. Pertanyaannya beragam, mulai dari yang nanya gimana biar lolos sampe nanya pertanyaan yang sebenernya jawabannya udah ada di website SNM atau SBM nya. Terus banyak juga yang nanya gimana sih kuliah di jurusan yang saat ini aku tempuh. Daripada aku jawab berkali-kali, akhirnya mendingan aku tulis disini deh biar lebih jelas. Oh ya, postingan ini aku tulis sesuai pengalaman aku ya selama hampir dua tahun kuliah di jurusan ini. Oh ya, mungkin juga bakal beda dengan jurusan yang sama di universitas lain. Ini buat petunjuk aja sih biar kamu sedikit tau tentang jurusan ini, apalagi buat yang berminat ngambil jurusan ini nantinya. Semoga bakalan berguna ya buat kamu! Aku bikinnya dalam bentuk poin-poin pertanyaan ya beberapa, supaya menjawab pertanyaan kalian! So, here it is…

Bakpia, Oleh-Oleh Wajib khas Jogja



Libur panjang telah tiba! 

Pada seneng kan nih bulan April ini banyak banget long weekend nya! Long weekend gini kalau cuma diem doang di rumah rugi dong, gaes! Mendingan long weekend nya dipake jalan-jalan kemana gitu, biar jiwa dan fikiran lebih fresh buat memulai hari-hari penuh kesibukan nantinya. Liburan nggak perlu ke luar negeri kok, di Indonesia pun banyak kok destinasi wisata yang unik, keren, dan mesti kamu kunjungin!

source: wonderful-tourism
Salah satu kota yang jadi destinasi wisata favorit  di musim-musim liburan kayak gini tuh, Jogja! Suasana di kota pelajar yang adem ayem dan teduh ini pas banget buat kalian yang mau nyari tempat buat ngedinginin fikiran. Gak cuma pemandangan yang bagus dan teduh, Jogja juga terkenal dengan kulinernya yang khas.  Selain gudeg yang jadi maskot kulinernya kota pelajar ini, ada juga Bakpia yang terkenal banget jadi oleh-oleh khas kalau kita ke Jogja! 

Bakpia adalah salah satu makanan yang khas dari Jogja. Kalau mampir ke Jogja tapi belum beli bakpia rasanya kurang afdol ya, gaes! Salah satu oleh-oleh yang ditanyain ke orang-orang yang abis pulang dari Jogja itu ya pastinya bakpia. Aku adalah salah satu orang yang demen banget nagih bakpia ke temen-temen yang baru pulang dari Jogja! Hahaha. Abisnya enak banget, sih!

source: pegi-pegi
For your information, guys! Bakpia ini asal mulanya sebenernya dari China. Namanya pun awalnya bukan bakpia, tapi Tou Luk Pia yang artinya kue pia kacang hijau. Salah satu daerah yang terkenal dengan bakpia nya di Jogja itu ada di daerah Pathuk. Nah makanya kita sering denger istilah Bakpia Pathuk, ya asal mulanya dari nama daerah Bakpia ini dibuat. Di Pathuk ini, Bakpia diproduksi sejak tahun 1984 yang kalau dulu dijualnya itu pake besek. Nah karena rasanya yang oke banget, bakpia ini mulai digemari dan jadi salah satu makanan yang dicari orang-orang kalau ke Jogja. Karena bakpia ini udah jadi semacam item di Jogja, bakpia pun sekarang dijual dengan rasa dan varian yang makin beragam. Toko-toko yang menjual bakpia di Jogja pun semakin menjamur.

Buat kalian yang ke Jogja, apalagi yang baru pertama kali main ke Jogja, pasti bakalan kebingungan dong gara-gara di sepanjang jalan Jogjakarta banyak banget yang jualan bakpia jogja ini. Mulai dari yang tokonya gede sampe yang tokonya kecil. Nah biar ga kebingungan, coba diintip deh beberapa rekomendasi toko bakpia yang harus kalian kunjungin kalau ke Jogja biar kalian gak kebingungan lagi. 

Dengan merogoh kocek sekitar 30.000-50.000 doang, kalian udah bisa bawa pulang sedus bakpia yang enak banget dan pastinya bikin kalian ketagihan dan pengen ke Jogja lagi! Jadi, buat kalian yang lagi di Jogja, jangan lupa mampir ke toko-toko ini dan borong bakpianya ya, gaes!

Rabu, 26 April 2017

Review Drama Korea: Strong Woman Do Bong Soon

April ini bulan yang lumayan hectic buat aku. Boro-boro bisa bikin blogpost, bisa tidur aja udah alhamdulillah banget. Makanya, aku sangat tidak produktif buat blogpost di bulan ini. Haduh. Untunglah, hari hari penuh ke-hectic-an itu berlalu juga. Akhirnya, aku bisa ngeblog lagi! YAY! Sekarang, aku mau review sebuah drama yang lagi fenomenal banget, apalagi kalau bukan Strong Woman Do Bong Soon. Harusnya aku review ini dari minggu lalu sih ya, tapi karena ke-hectic-an yang tidak berujung itu, akhirnya aku baru bisa buat sekarang. Huhu. Okedeh, buat kalian yang penasaran gimana serunya drama ini, berikut review dari aku...

Sabtu, 01 April 2017

Review Drama Korea: Tomorrow with You

Heyaaaa!

Happy April Fools Day! Hari ini udah dikerjain apa aja nih? Sebenernya yang mau ngibulin juga kenapa harus pas tanggal 1 April ya? Ketauan banget kan tuh lagi bohong. 
Anyway, kalau sekarang aku nggak akan bohong ke kalian sih. Tapi aku bakalan ngomongin drama yang baru aja selesai aku tonton. Yas! Tomorrow with You!

Sebenernya ini selesainya dari beberapa hari lalu, cuma baru aku review karena aku baru sempet download dan tonton. Tomorrow with You ini sebenernya jadi drama yang aku tunggu-tunggu, bahkan sebelum tayang. Soalnya aku emang udah kangen dan nungguin aktingnya Shin Min Ah sejak dia selesai main di Oh My Venus. Terus juga pas aku liat teaser nya kayaknya bakalan seru banget. Tapi, sayangnya, dramanya nggak memenuhi ekspektasi aku. Kenapa begitu? Okay, let me peel it first.


Plot:

Tomorrow with You tayang di chanel tvN sejak bulan Februari lalu menggantikan Goblin. Namun, drama ini merupakan drama pra-produksi, jadi tayang setelah shooting dramanya rampung 100%. Drama yang diperankan oleh Shin Min Ah (Song Ma Rin) dan Lee Je Hoon (Yoo So Joon) menceritakan Yoo So Joon, seorang CEO dari perusahaan real estate terkenal. Uniknya, So Joon memiliki kemampuan untuk dapat menjelajah waktu sejak ia menjadi penumpang yang selamat dalam kecelakaan di subway ketika ia remaja. Ia dapat melihat bagaimana masa depannya dan pergi ke masa depan dengan subway. Sayangnya, masa depan yang ia lihat adalah masa depan yang buruk. Demi menghindari terjadinya hal-hal tersebut, So Joon berusaha keras untuk mengubah takdirnya. Ia pun menikahi Song Ma Rin, seorang photographer wanita yang hadir di masa depannya. 



Song Ma Rin juga sebenarnya adalah penumpang selamat dalam kecelakaan di subway bersama So Joon. Namun, setelah menikah dengan Song Ma Rin, bukan nasib baik yang dilihatnya di masa depan. Ia malah melihat takdirnya semakin rumit. So Joon melihat dengan mata kepalanya sendiri, di masa depan ia akan menghilang dan Song Ma Rin akan meninggal tragis. Perlahan, perasaannya untuk Ma Rin pun semakin serius. So Joon tak ingin kehilangan Ma Rin dan mengupayakan agar masa depan menjadi baik untuk mereka. Apakah So Joon bisa mengubah takdirnya dengan kemampuan menjelajah waktu yang ia miliki? Ataukah takdirnya akan semakin rumit?

Thoughts:

Seperti yang aku bilang, ekspektasi aku akan drama ini cukup tinggi soalnya drama ini yang jadi penggantinya Goblin. Tapi ternyata drama ini nggak seseru yang aku kira. Aku justru malah jadi berpaling nonton Defendant saking serunya acting Ji Sung ahjussi dan sampe lupa nonton drama ini.

Well, plot drama ini bisa dibilang cukup fresh buat aku karena sebelumnya aku belum pernah nonton drama tentang time traveler ini, tapi entah kenapa aku malah nggak enjoy sih nontonnya. Apalagi di dua episode pertama, sumpah nggak ngerti ini lagi nonton apaan. Diperparah lagi dengan scene yang maju mundur maju mundur kaya Syahrini. Banyak mikirnya juga nonton drama ini, lumayan pusing.
Episode episode selanjutnya aku mulai ngerti, kalau nggak fullscreen artinya itu lagi di masa depan dan kalau fullscreen artinya lagi di masa sekarang.

Hal pertama yang kurang aku suka adalah karakternya. Pertama, kenapa sih So Joon ini digambarin sebagai cowok 30 tahun dan seorang CEO perusahaan real estate terkenal. Okay, kalau gayanya dia yang santai sih dimaklumin karena emang dia jadi kaya gara-gara miracle. Tapi, masa selucu ini sih? 



Selanjutnya juga karakternya Kim Young Jin, rivalnya So Joon. aku juga ngerasa dia sebenernya nggak cocok untuk memainkan perannya, padahal peran Young Jin ini penting banget, lho. Ngga ngerti deh. Mukanya terlalu innocent dan jatohnya jadi kasian menurutku, apalagi dia nangis mulu. Hahaha, Terus perannya dia sebagai rival nya So Joon nggak cocok banget, jatohnya malah kayak bapaknya.



Dan di beberapa scene, aku ngerasanya banyak bagian yang nggak terlalu jelas, mungkin karena ceritanya melompat-lompat. Masalahnya Bap Soon, terus kenapa waktu dia nikah seolah image Bap Soon nya gak kesebut sebut lagi. Terus cerita ayahnya Ma Rin yang jadi time traveler pun nggak dijelasin asal usulnya. Bahkan, di akhir pun nggak diceritain lagi kan apa yang terjadi sama Kim Young Jin.

Aku baru menikmati nonton drama ini dari episode 13. Soalnya menurut aku disitu ceritanya jelas dan nggak banyak blank yang harus aku pikirin. Sayang banget sih, padahal ceritanya udah seru menurutku. 



Aku juga jadi ngebayangin gimana ya kalau aku jadi time traveler kayak So Joon. Beban banget pasti ya, tapi enak juga bisa beli beli barang di masa depan haha. Btw, belakangan ini nonton drama fantasi semua deh. Lagi trendnya emang genre ini ya. Huft, jadi banyak ngayal.  

My rate for this drama 8/10 aja ya. Yang bikin drama ini agak mendingan itu ya gara-gara manisnya Ma Rin sama So Joon ini. Gemes banget deh. See you!