Skip to main content

Review: Negeri 5 Menara by A. Fuadi







Buku ini adalah buku pertama dari sebuah trilogi yang ditulis Ahmad Fuadi. Diterbitkan pertama oleh Gramedia di tahun 2009, buku ini menjadi buku yang masuk deretan national best seller. Berkisah tentang perjuangan Alif Fikri yang harus mengubur impiannya masuk SMA setamat menimba tiga tahun ilmu di sebuah Madrasah Tsanawiyah di daerah Maninjau, Sumatera Barat.

Impiannya untuk menimba ilmu di SMA Bukittinggi, lalu berkuliah di ITB, dan terus ke Jerman seperti Pak Habibie pupus sudah setelah perbincangan dengan Amak di langkan rumah malam itu. Amak lebih ingin anak bujang nya itu masuk sekolah agama; tidak ke SMA seperti harapannya. Perintah Amak bukan sesuatu yang bisa di bantah. Tiga hari mogok bicara dan mengurung diri di kamar pun tak membuat keinginan Amak goyah.

Dengan setengah hati, akhirnya Alif Fikri memutuskan melanjutkan sekolahnya ke sebuah pondok di Jawa Timur, Pondok Madani. PM, sebuah tempat bersejarah di hidup seorang Alif Fikri; perantau dari kampung nan jauh disana. Pondok penuh perjuangan dan sarat akan pelajaran. Di tempat ini pula, ia bertemu kawan yang menemani perjuangannya empat tahun belajar di Pondok; Raja Lubis, Said Jufri, Baso Salahuddin, Dulmajid, dan Atang. Perbedaan latar belakang membuat mereka mengenal satu sama lain, bertukar cerita, bertukar mimpi, dan bersama-sama mewujudkan mimpi itu. Enam orang sahabat yang selanjutnya dikenal dengan nama Sahibul Menara.

“Bagaikan menara, cita-cita kami tinggi menjulang. Kami ingin sampai di puncak-puncak mimpi kelak.”

Opinion

Saya mungkin telat membaca buku ini, namun saya tidak menyesal karena setidaknya saya pernah membaca buku hebat dari Ahmad Fuadi satu ini. Cover depan bertuliskan Indonesia’s Most Inspiring Novel membuat mata saya terfokus pada Negeri 5 Menara ini. Saya sangat menikmati membaca buku ini, tidak ada kata malas sedikitpun untuk membaca buku ini. Bacaan yang membuat saya ingin cepat-cepat menyelesaikannya, saya pun ikut larut dalam suasana Pondok Madani yang diceritakan Alif.

Kata demi kata dan kalimat demi kalimat di buku ini mengalir begitu saja, tidak membuat pembaca lantas kebingungan memahami maksudnya. Membaca buku ini serasa mendengar seorang teman bercerita bagaimana kehidupannya di pondok pesantren, sangat menarik.

Emosi saya juga menjadi satu dengan tokoh-tokoh di novel ini. Saya merasakan bagaimana konflik batin yang dirasakan Alif. Sangat ngena. Gimana rasanya ketika kamu punya mimpi dan telah merancang poin-poin menuju kesana lalu dengan tiba-tiba seseorang meminta untuk mengubah haluan. Sakit. Yang paling menyakitkan ketika bagian Alif bersurat dengan Randai; karibnya di Maninjau yang mimpinya bisa terwujud, masuk SMA, lalu kuliah Teknik Mesin di ITB. Impian yang sama dengan yang Alif mimpikan. Hal itu pula yang membuat Alif bimbang. Untungnya, nasihat Amak, kawan-kawan, dan guru-guru bisa menguatkannya.

Membaca buku ini jadi terbayang bagaimana kehidupan di pondok pesantren yang mungkin tidak semua pondok sehebat Pondok Madani ini. Ketatnya peraturan pondok memaksa Alif dan kawan-kawannya untuk terbiasa mengikuti arus. Saya pun jadi tahu beberapa istilah dan sistem yang ada di Pondok Madani lewat buku ini, seperti jasus contohnya.

Tak heran buku ini menjadi buku inspirasi paling dahsyat. Setelah membaca buku ini pun, saya hening dan diam sejenak; otak saya berputar dan mencerna. Keadaan ini tak jauh beda setelah mengikuti seminar ESQ. Nasihat, petuah, dan inspirasi di buku ini benar benar ngena!

Highly recommended, nilai sempuna untuk buku hebat satu ini. 

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pakai Behel

Hola! Di postingan kali ini, aku bakalan ngebahas cerita aku pasang behel, nih! Kalian yang mampir di post ini pasti orang yang berniat atau kepengen pake behel. Iya nggak? Iya kan? Aku tau soalnya aku juga begitu hahaha. Aku nyari nyari post orang orang yang nyeritain pengalamannya pake behel dan jadi seneng baca baca pengalaman mereka, apalagi kalo udah liat progress mereka pake behel. Jadi kepengen! Makanya aku sekarang buat post ini juga semoga bisa berguna buat kalian yang lagi membutuhkan informasi ini hehehe. Oke deh, without further do, langsung aja yeaaah!

7 Alasan Harus Menangin Dajourneys Giveaway!

Hai kalian! Iya, kalian yang lagi baca tulisan ini sambil makan, sambil tiduran, sambil ngemil, sambil bengong, sambil nunggu orang, ataupun sambil merem. Ehehe. Lagi apapun kalian, ayo terusin bacanya. Soalnya, kali ini aku bakalan kasih informasi yang keren banget buat kalian! Apa coba? 

Pengalaman Belanja di Sociolla

Hai! Mumpung masih dalam new year vibes, aku pengen ngucapin happy new year 2018! Semoga semua resolusi kalian di tahun ini bisa tercapai! So, anyway, di postingan kali ini, aku bakalan ceritain pengalaman pertama aku berbelanja aku di Sociolla baru baru ini. So… what is Sociolla? Menurut webnya, (sociolla.com), Sociolla adalah online shop terlengkap dan terpercaya yang menjual produk kosmetik mulai dari make-up, skincare, haircare, fragrance, dan beauty tools di Indonesia. Aku yakin beberapa dari kalian mungkin udah tau ya dan udah pernah bahkan sering belanja di Sociolla karena Sociolla ini cukup terkenal di kalangan pecinta per- makeup dan skincare- an. Aku juga adalah orang yang dari dulu penasaran pengen nyobain belanja di Sociolla karena packaging nya yang keren huehehe! Lucu banget gitu kan dan unik banget but gak pernah kesampean karena aku lebih sering belanja makeup dan skincare lewat Shopee karena harganya yang lebih menggiurkan. Sampe akhirnya