Sabtu, 05 September 2015

Pengalaman SIMAK UI 2015

Hai!
Setelah nggak balik beberapa waktu, akhirnya saya kembali lagi. Curhat dikit, kemarin abis jalanin serangkaian proses perkuliahan, daftar ulang, ospek, dan mulai kuliah.

Gini ya ternyata, capek. Tapi ga boleh gitu mengingat perjalanan saya menuju kesana adalah sulit banget. Oh iya, punya hutang nih. Nyeritain SIMAK UI, saya tepatin, okay? Tapi yang ini gak happy ending sih. Tapi gapapalah ya, biar kalian ada bayangan aja gimana SIMAK UI itu

Yea, kali ini saya pengen share tentang SIMAK UI, nih. Tau ga SIMAK UI apaan?

SIMAK UI itu adalah salah satu cara buat masuk UI, selain SNMPTN dan SBMPTN. Jadi, pendeknya SIMAK UI ini semacam tes ujian mandiri gitu kayak SMUP UNPAD, SM UPI, UM UGM gitu.

Nah, disini saya mau cerita gimana sih si SIMAK UI ini, seru banget gitu ya? Apa gimana?

Sebelumnya, saya izin kasih tau pengalaman saya buat SIMAK UI ini ya, dik adik.
Jadi, setelah gagal di SNMPTN, semangat saya justru makin menggebu-gebu. Padahal ya, dulu sebelum diumumin SNMPTN, ga kefikiran bakalan ikut ujian mandiri, atau daftar ke universitas swasta. Ga niat banget. Di fikiran saya cuma ada lolos SNMPTN! Tapi, setelah saya dinyatakan gak lolos di SNMPTN, saya jadi pengen ngebuktiin, kalau saya bisa masuk PTN ga harus lewat SNMPTN. Saya cari cari ujian ujian seleksi masuk PTN ini, dan karena saya ngebet banget sama Ilmu Hubungan Internasional, yang saya bisanya cuma di UI dan di UNPAD, akhirnya saya milih HI UNPAD di SBMPTN dan HI UI di SIMAK UI.

Sebenernya, saya agak gimana gitulah milih HI UI, gila aja. Jurusan IPS favorit di UI gitu. Saya jadi menciut, belum lagi fokus saya kebagi bagi antara SBMPTN. Saya harus belajar yang mana?

Saya udah download soal-soalnya di web UI mulai dari tahun 2010 sampai 2014, dan yaa memang kadar kesulitannya lebih BEGHH dari SBMPTN. Soalnya aja ngga ngerti, boro boro isinya, subhanallah...

Nah, buat adik adik belajarnya jangan mepet gini kaya saya, setelah gagal di SNMPTN baru belajar buat ujian masuk PTN lainnya, saya yakin ngga akan maksimal hasilnya. Kalau memang memungkinkan, ikutan bimbel yang intensif SBMPTN gitu deh. Kalau saya dulu, karena keterbatasan jadi agak susah.

Di SIMAK UI ini saya milih:

1. Hubungan Internasional
2. Sastra Inggris
3. Ilmu Komunikasi
Lol, gila banget pilihannya ya hahaha. Iyalah, orang milihnya aja sambil terbang. Saya bingung pilihan ketiga ambil apaan, akhirnya karena tiba tiba kefikiran baru deh.

Nah, lanjut lagi...
Jadi udah deh saya putusin belajar serius dulu buat SBMPTN baru setelahnya SIMAK UI yang padahal dari SBMPTN ke SIMAK UI itu waktunya sebentar banget, SBMPTN tanggal 9 dan SIMAK tanggal 14. Gimana nggak sebentar? Jadinya saya cuma belajar dari si buku SBMPTN itu buat SIMAK dan dari contoh soal di internet doang.

Btw, sebelum saya ngejalanin SIMAK UI itu, saya mimpi lolos di Sasing UI. OMG! Apakah itu pertanda? :))))

Dan, setelah tes SBMPTN itu, kalian harus tau... Badan saya kaya mau retak banget, dari kepala sampai kaki pegel, kaku. Mungkin efek dari tes SBMPTN seharian kemarinnya yang saya duduk mulu ngerjain ratusan soal. Boro-boro mood mikirin SIMAK UI yang ada pun pengen bedrest aja terus. Ternyata, pegel ini lama banget ilangnya sampe H-2 SIMAK UI, saya cuma baca baca doang dan setelahnya full istirahat. Ga niat banget ya.
Dan, setelah semua itu, hari H pun tiba!
Yippiyeay! Oh ya, kan harusnya saya tes lokasi ujian di H-1 ujian. Nah, karena ga enak badan banget saat itu, saya nggak cek. Imbasnya, saya harus prepare lebih pagi dateng.
Lokasi ujian saya di SMAN 7 Bandung, dan, karena ga tau tempatnya dimana, saya dianter tes SIMAK UI pake gojek. Hehe.
Setelah tiba di lokasinya, ternyata kelompok Saintek masih ujian. Akhirnya saya mutusin buat nyari dimana tempat saya ujian, saya cari sampai ke lantai 3 kok nggak ada terus ya? Mulai deh panik dan sampai akhirnya saya nanya nanya dan ternyata lokasi nya ada di bawah yang udah saya lewatin, ugh wtf :(
Karena waktunya masih lama banget, saya ke pegelan nunggu hahaha. Dan SIMAK UI pun dimulai, dan saya dapet tempat duduk paling belakang banget, beda banget kaya SBMPTN yang duduk paling depan, Oh ya, saat itu saya ngga bawa papan dada gitu soalnya di rules ga boleh bawa, taunya orang orang pada bawa, akhirnya saya ngerjain di meja yang berlubang dan kotor banget bekas serutan pensil, saya nggak konsen ngerjainnya. Berbanding terbalik banget, waktu SBMPTN duduk paling depan, enak, terang. Eh, pas SIMAK UI, kok gini banget ya? Duduk paling belakang, gelap, kotor, duh! Lokasi memengaruhi juga, sih.

Daaan, setelah buka soalnya, wow... idk
Ga tau mau ngerjain apa, soalnya susah banget. Nggak ada yang satupun dipelajari buat SBMPTN keluar disini. Asli, susah! Nggak bisa ngapa-ngapain lagi selain bengong. Saya kayanya gak pernah denger istilah-istilah yang ada di soal SIMAK UI selama tiga tahun belajar di SMA. 10X lebih sulit dari soal SBMPTN. Huft.
Waktu masih lama, tapi saya malah bengong aja, udah deh ga ada sepersen pun harapan lolos hahaha. Ada sih beberapa yang bisa, tapi dikit doang bisa nya, akhirnya saya tambahin aja yang saya agak yakin biar jawabannya agak banyakan. HAHAHA

Udah ah, gitu doang. Pokoknya susah banget dik adik kalau menurut saya, emang ya UI itu.... :( Dan setelah saya dinyatain lolos SBMPTN, udah ga mikirin lagi SIMAK, Bahkan tanggalnya aja lupa, dan ternyata pengumuman udah dikasih tau dari 2 hari sebelumnya... wtf.
Pas buka, saya bayangin gimana kalau lolos HI UI. HAHAHA. Dan ternyata, gak lolos. Hahaha ya udah sih. Usaha keras emang ga akan mengkhianati, dan saya usahanya klemer klemer banget, ya ga akan lolos lah.
Oh ya, saya bikin tulisan ini supaya adik adik termotivasi, bukan termotivasi buat gagal ya, tapi seenggaknya adik adik punya ancang ancang sebelumnya, misalkan kalau ga lolos SNMPTN udah harus mikir mau ngapain gitu ke depannya, dan jangan pernah belajar buat Ujian Masuk PTN setelah pengumuman gak lolos SNMPTN, karena ga akan maksimal. Contohnya saya, meskipun lolos SBMPTN, tapi ga maksimal, saya gak dapet HI, kan.

Syukur syukur, adik adik udah baca tulisan ini jauh jauh hari sebelum SBMPTN, SIMAK UI, or whatever supaya bisa jaga jaga dan belajar dari pengalaman orang lain.
Terima kasih sudah membaca, sukses buat kamu!
Oh ya, kalau ada pertanyaan, langsung comment aja di bawah ya! Sukses buat kamu yang mau ikutan SIMAK UI!

11 komentar:

  1. Kak terus sbmptn lulus nya jurusan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, aku lulus di Sastra Inggris. :))
      Pengalaman aku lulus SBMPTN bisa diliat disini, ya!

      http://rhenactivity.blogspot.co.id/2015/08/pengalaman-lolos-sbmptn-2015.html

      Hapus
  2. Masuk sasing mana kak? Sebenernya cerita kakak inspiring bgt karna udah kebayang sih aku ga dapet snmptn, btw sukses kuliahnya ya kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sasing upi de:) Aaamin, thank you! Kamu juga sukses ya!

      Hapus
  3. waw jadi makin termotivasi nih susah banget kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm susah. Tapi kamu bisa laah kayanya hehe. Good luck!

      Hapus
    2. iyah kak makasih, kayak nya harus berusaha lebih keras nihh.. kak soshum ujian nya jam berapa waktu itu?

      Hapus
    3. Iya dong, good luck! Kalau aku waktu itu lebih siang dari saintek. Kalo gak salah jam 10-an

      Hapus
  4. Balasan
    1. Di websitenya SIMAK UI juga ada kok.

      Hapus
  5. yang soalnya mbaknya.. kan kodenya bisa beda.. kalau yang di website resmi udah punya. yang blm punya yg kode punya mbaknya...

    BalasHapus

I love reading your comment :)